Selasa, 03 Desember 2013

PELATIHAN TEHNOLOGI PENGOLAHAN TOGA

Agenda di bulan oktober lalu...

Tanaman Obat Keluarga atau yang sering kita kenal dengan sebutan TOGA seperti Kunyit, Kencur, Temulawak masih banyak sekali kita jumpai disekitar rumah penduduk khususnya di dukuh Mantup desa Drajat. Namun karena sedikitnya ilmu mengenai tanaman-tanaman ini, banyak sekali hasil tanaman ini yang tidak diolah dan dimanfaatkan oleh penduduk, namun hanya dijual berupa bahan mentah dengan harga yang rendah.
Alhamdulillah KWT "PUTRI TANI" mendapat kepercayaan dari Dinas Pertanian Bojonegoro untuk mewakili Bojonegoro dalam Pelatihan Tehnologi Pengolahan TOGA Provinsi Jawa Timur di UPT Balai Pelatihan Pertanian Nganjuk.
Pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 27 Oktober ini diwakili oleh tiga anggota KWT "PUTRI TANI" diantaranya Ida Ekowati, Sunariyati dan Musri. Dalam sela-sela pelatihan peserta juga diajak berkunjung ke pusat pengolahan TOGA di Kediri.
Pelatihan yang akhirnya dipersingkat menjadi lima hari ini padat sekali akan materi maupun praktek pengolahan TOGA. Mulai dari pembuatan sirup jahe, sirup pokak, Sekoteng, Wajik Jahe, Instant Kunyit, Instant temulawak, Instant Kencur, Kunyit asam gula jawa, susu kedelai dan masih banyak lagi pengolahan TOGA lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Dengan keikutsertaan tiga anggota dalam pelatihan ini diharapkan mampu menyebarkan ilmunya pada anggota-anggota lain supaya TOGA yang ada disekitar rumah bisa diolah hingga dapat meningkatkan kesehatan keluarga dan mulai membiasakan diri pola hidup sehat dengan back to nature.
Alhamdulillah lagi.... dari ilmu yang didapat di pelatihan ini ada peningkatan kesejahteraan anggota, ilmu pengolahan berbagai macam TOGA dipraktekkan langsung oleh anggota dan yang terpenting berdaya jual.
Ya... KWT "PUTRI TANI" sudah mampu menjual dan menerima pesanan olahan TOGA seperti sirup jahe, instant jahe, instant kunyit, instan temulawak, jamu pahitan, kunyit asam gula jawa, susu kedelai dan masih banyak lagi lainnya.
Satu langkah kami selanjutnya yaitu mengikuti Pelatihan Produk Industri Rumah Tangga yang diadakan Dinas Kesehatan Bojonegoro, namun ini belum terealisasi dan semoga akan segera bisa Kami ikuti secepatnya.......
Amiin.....
Maju Terus KWT..... Semangat..............................!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar